Perbedaan RGB dan CMYK, Untuk Menghindari Kesalahan Proses Cetak

Ada beberapa masalah yang timbul apabila sebagai seorang desain grafis tidak mengetahui konsep dan teori warna jenis RGB dan CMYK sehingga pada saat produksi hasil cetak tidak sesuai dengan saat desain di Komputer, disinilah bagi desainer khususnya bagi pemula harus mengetahui jenis format pada awal akan mendesain untuk cetak outdor atau desain indor atau desain website dan sejenisnya.

Apabila kita akan mendesain untuk spanduk, baliho dan sejenisnya untuk otudor maka mendesain  dengan menggunakan format CMYK, dengan seting terlebih dahulu sebelum memulai desain, pada Photoshop saat awal membuat stage seting warna menjadi CMYK sehingga hasil dari tampilan layar komputer pada saat desain pada saat dicetak maka warna tidak akan berubah sesuai tampilan monitor.

Apabila kita akan mendesain untuk interface atau desain website  tidak untuk dicetak tetapi tampilan komputer maka yang cocok mode jenis warna RGB karena ukuran file kecil dan warna tamak lebih terang sehingga mudah untuk diakses apalagi untuk tampilan website sehingga loading akan lebih cepat.

Adapun perbedaan warna RGB dan CMYK menurut desainstudio secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :

Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).

Sedangkan CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *