Pengalaman Dua Kali Masuk Google Sandbox

Berawal dari tahun 2013 saya kenal istilah Google Sandbox, dimana Affanul.net pada awal tahun trafik kunjunganya bagus, tetapi kok tiba-tiba hilang berbagai kata kunci dari search engine google, pertama yang dirasa adalah bingung, galau, sedikit stress.

Setelah mencari berbagai sumber kenapa sampai hasil pencarian kunci atau istilahnya keyword di google hilang dan eng ing eng blog ini positif kena efek dengan istilah google sandbox, dimana seluruh konten blog hilang dari mesin pecarian. Yah mau gimana lagi jadi harus dicari solusi, tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, harus tetap optimis, dan saya coba perbaiki apa yang menjadi masalah sehingga blog ini masuk kategori sandbox.

Pertama yang saya lakukan adalah menangkan diri   hindari stress dengan santai dan refreshing sejenak agar semua pikiran bisa tenang dan dapat berfikir dengan jernih, setiap orang bebeda cara refreshing ada yang jalan-jalan, ada yang nonton, ngegame dll, sesuai dengan selera sahabat aj, yang penting positif.

Kemudian solusi yang saya lakukan pada waktu itu adalah mengentikan penyebaran link blog ini baik melalui media social, ataupun berbagai tool untuk menyebarkan secara masal ke berbagai mesin pencarian, hilangkan seluruh tautan yang menuju ke blog, terus menerus posting tulisan, dan sahabat tau berapa waktu yang saya butuhkan untuk keluar?… yup betul 6 bulan baru bisa keluar haduh lama juga.

Kejadian berulang kembali dimana sejak beberapa bulan ini terhitung dari bulan juni 2014 resmi masuk penjara google sandbox sampai sekitar akhir agustus 2014 sudah mulai terlihat dari google webmaster telah mulai masuk index di mesin pencarian.

Sempat galau dan bingung kedua kalinya masuk kedala lubang yang sama 🙂 yah begitulah walau begitu kita tetap optimis, yang saya lakukan sehingga efek dari penjara ini berhasil mulai keluar adalah sama seperti sebelumnya hindari penyebaran link blog affanul.net, hilangkan tautan mengarah ke blog, posting tulisan tentang sandbox, tetap terus posting tulisan original jangan (copy paste) tulislah dengan gaya Bahasa sendiri wapaulun gaya Bahasa sederhana tetapi to the point. Hindari penggunaan thems sehingga mengakibatkan orang membuka blog menjadi lama atau berat.

Alhamdulilah sekarang sudah mulai masuk index pencarian konten dari blog kesayangan ini 🙂 semoga menjadi pengalaman yang berharga, bagi sahabat yang terkena efek ini jangan putus asa dan tetap semangat.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *