Memanfaatkan Blog Untuk Personal Branding.

Hi sahabat affanul.net dimanapun berada, masih tetap semangat untuk ngeblog kan? 🙂 walaupun saat ini kita terlena dengan berbagai macam media social yang begitu bagus dan menarik tetapi kita tidak harus meninggalkan rumah kita sendiri yakni Blog, dengan blog kita lebih bisa berekspresikan diri dan tanpa batas sehingga kreatifitas tetap terjaga dan terus bertambah. 🙂

Tahukah anda, bahwa segala kreatifitas anda bisa dituangkan lewat media blog? dengan blog anda bisa menyampaikan informasi dan tulisan anda kepada publik, Blog merupakan singkatan dari web log Penggunaan istilah blog dipelopori oleh John barger pada bulan Desember 1997.

Umumnya, para pengguna blog tersebut dengan istilah blogger, sedangkan ritunitas dalam meng-up date blog disebut dengan nge-blog. Blog merupakan website pribadi yang pengelolaannya  dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Selain itu, cirri lain blog adalah di-up date, berisi posting, baik dalam bentuk gambar maupun tulisan,  bersifat dinamis, dapat dibaca oleh orang banyak, dan dapat menjalankan interaksi dengan mendapat banyak komentar dari pembaca.

Sejarahnya blog merupakan catatan harian pribadi yang online dalam dunia maya dan terus berkembang hingga saat ini. Awalnya, blog adalah sebuah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang diciptakan oleh  Marc Andrsen pada tahun 1993. Marc Andersen juga merupakan penemu Mosaic sebelum ditemukan internet eksplorer atau netscape.

Pada bulan januari 1994, justin hall mencoba membuat website pribadi yang diberinama “Justin’s Home Page”, kemudian berubah menjadi “ Liks from the underground”. Website tersebut merupakan blog pertama, seperti yang kita kenal saat ini. Saat ini banyak terdapat penyedia blog(hosting) yang menyediakan fasilitas untuk mebuat blog di internet, antara lain Xanga, friendster, wordpress, blogspoot, blogsome, dan sejenisnya, dalam perkembangannya, blogspoot.com dan bloger.com banyak diminati masyarakat umum. Perbedaan kedua blog tersebut adalah blog pertama merupakan blog gratis, sedangkan kedua berbayar.

Nge-blog merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat, meskipun ada golongan tertentu yang mengatakan bahwa blog atau ngeblog adalah aktivitas yang membuang waktu, bahkan  tidak berguna. Pandangan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar, bagaimanapun juga, aktivitas nge-blog tidak selalu berdampak negative karena selalu ada positif.

Dampak yang diperoleh tergantung pada cara masing-masing individu dalam mengartikan pemanfaatan media blog. Ada yang menjalanan blog sebagai penyalur hobi, yaitu sebagai sarana interaksi. Yang lain mengatakan bahwa blog adalah salahsatu media periklanan untuk meningkatkan mutu jual suatu produk. Dalam dunia politik, blog dapat digunakan untuk menarik simpatisan dan dapat merekrut pendukung partai. Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa blog juga dapat berfungsi sebagai sarana rekreasi.

Pemanfaatan blog pun sudah dapat dilihat dalam bidang pendidikan. Banyak universitas di Indonesia, terutama untuk pendidikan S2, yang mewajibkan mahasiswanya untuk mempunyai blog. Alasanya adalah untuk meningkatkan daya intelektualitas mahasiswa, selain sebagai media interaktif kuliah online di luar kelas. Dari hal tersebut, muncul tanggapan bahwa blog adalah sebuah kewajiban atau tuntutan akademis.

Lebih dari itu, isebuah sekolah lanjutan tingkat pertama, ada guru sekolah yang sudah mewajibkan anak didiknya untuk mempunyai blog. Bagi anda yang senang menulis, bisa menyalurkan hobi anda dengan beraktivitas menggunakan blog, selain dampak positifnya, anda juga dapat makin banyak memperoleh teman.

 Tulisan ini saya kutip dari:

Sumber : Tabloid Gado-Gado IT Edisi 001 / Tahun I / 2009

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *