Manajemen Bandwith Menggunakan Mikrotik

Bandwith atau lebar pita adalah suatu perhitungan konsumsi data pada suatu telekomunikasi dihitung dalam hitungan bit per secon (bps) yang terjadi antara komputer server dan client pada waktu tertentu dalam sebuah jaringan melalui media nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital.

Bandwith dalam dunia jaringan komputer sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik yang lain dalam jangka waktu tertentu detik. (wikipedia)

Jadi secara umum bandwith yang semakin besar maka jumlah pengiriman paket data semakin besar maka akses ke internet yang menggunakan bandwith besar maka akan semakin cepat.

Tujuan dari kita memanajemen bandwith jaringan adalah untuk mengatur penggunaan bandwith agar jaringan internet yang kita kelola dapat digunakan dengan maksimal dalam artian semua dapat menggunakan internet dengan nyaman tidak lambat alias lalod 🙂

Untuk itu kali ini kita membahas bagaimana cara kita membatasi paket data di mikrotik agar penggunaan jaringan internet dapat maksimal sesuai dengan kebutuhan, langkahnya tidak sulit kok  yuk ikuti tutorial ini sebagai berikut sambil ditemani kopi hangat :

1.Langkah awal adalah buka aplikasi winbox, kemudian seting di Queues + klik new Simple Queue, ketik name dan ip target yang akan kita batasi penggunaan bandwith.

winbox1

Masukan target upload agar membatasi IP address tersebut didalam mengupload, dan masukan batas target download untuk membatasi IP Address tersebut didalam mendownload. Kemudian Klik OK untuk menyetujuinya.

Setelah selesai maka dilihat Quewe list maka IP yang menjadi target pembatasan  bandwith tidak akan lebih dari jumlah target download yang telah kita buat. Bagaimana mudah kan sahabat untuk kita manajemen bandwith untuk tingkat pemula, nanti dilain kesempatan kita akan bahas yang lebih canggih lagi didalam manajemen bandwith.

Semoga bermanfaat bagi sahabat yang mengelola jaringan sehingga jaringan sahabat tidak lalod 😀 salam hangat affanulNET

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

1 Comment

  1. Pingback: Monitoring Trafik Jaringan Dengan Mikrotik – Affanul.NET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *