Manado Dilanda Banjir Terbesar Selama Sejarah

Hari Kamis (15/1)  Kota Manado Sulawesi Utara dilanda banjir begitu pula dengan rumah saya tinggal terendam banjir, 5 kecamatan yang ada di Manado terendam menurut berbagai informasi 75%  sudah terendam air akibat banjir.

Dengan musibah ini dapat diambil pelajaran manakala harta kekayaan yang kita kumpulkan sebanyak apapun tidak ada artinya dibandingkan dengan keselamatan diri kita dan saudara-saudara kita.

Ini dokumentasi foto disekitar tempat tinggal saya yang sempat saya ambil pada saat detik-detik banjir terbesar selama sejarah di kota manado terjadi :

Manado banjirAir sudah mulai terlihat sudah mulai naik pukul 10.00 Wita.

manado banjir2

Pada jam 12.00 Wita Sudah terlihat memasuki rumah wargaManado banjir3

Pukul 14.00 Wita sudah menenggelamkan rumah-rumah

Manakala air sudah naik walaupun perlahan tapi pasti pengalaman kemaren ini saya alami tidak akan terlupakan, semua orang saya lihat sudah tidak memikirkan apa-apa lagi selain keselamatan diri dan orang-orang yang dicintainya, adapula rumah yang roboh sampai diterjang air wah suasana saat itu sudah tidak terkendali lagi.

Pada hari sebelumnya Rabu (14/1) pada malam hari hujan dan angin  kencang melanda wilayah manado dan sekitarnya, sampai pada keesokan harinya Kamis (15/1) pagi hari huja sempat reda, tetapi dataran tinggi di sulut diwilayah Tondano Minahasa dan Tomohon hujan masih berlanjut sehingga berdampak pada air mengalir kearah kota manado perlahan tapi pasti sampai juga.

Pada pagi hari sekitar pukul 9 air sudah mulai terasa perlahan sudah naik di sungai yang melewati kota manado, sampai pukul 12 siang sudah mencapai 50 cm  ketinggian air di pusat kota manado, pada puncakya dari pukul 13.00 Wita air sudah sampai setinggi 3 meter , adan arus yang kencang membuat seluruh kota manado  lumpuh total, alhamdulillah saya sempat pindah ke bangunan yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri dengan apa yang bisa dibawa.

Sampai pada malam harinya (16/1) pukul 02.00 Wita malam air sudah berhenti tidak naik dan mulai surut serta meninggalkan puing-puing yang berserakan serta lumpur dimana-mana, dan kondisi saat ini  sabtu (17/1) air sudah surut dan warga kota manado terlihat sudah mulai membesihkan puing-puing yang berserakan.

Semoga musibah ini menjadi pelajaran terutama bagi saya agar selalu siap menghadapi apapun yang terjadi dengan kesabaran dan selalu iklas menghadapinya dengan penuh optimis, salam dari Manado buat sahabatku dimanapun berada.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

2 comments

  1. ndaroini Reply

    pray for manado, semoga diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini, dan kita semua bisa mengambil hikmah dari musibah yanhg melanda, bukan hanya manado, tapi seluruh indonesia…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *