Desain Grafis Bag.2

webdesignMelanjutkan dari tulisan sebelumnya tentang definisi desain grafis, bagaimana seorang desainer grafis dapat bekerja dengan baik sehingga pesan yang disampaikan jelas.  Seperti komunikator yang lain, desainer grafis bekerja membuat pesan yang jelas, desainer grafis berkonsentrasi pada estetika. Tercapainya tujuan-tujuan ini bergantung pada seberapa baik desainer mengerti media desain dan masalah desain yang telah dibuat.

Desain merupakan aturan dari bagian-bagian ke dalam sebuah koherensi yang menyeluruh. Desain grafis mengambil bagian kata, gambar, dan elemen-elemen grafis lain dan mengaturnya ke dalam komunikasi yang menyatu dalam format. Oleh karena itu, desain grafis membutuhkan pengertian yang mendalam mengenai elemen-elemen dasar dan prinsip-prinsip desain. Elemen-elemen ini meliputi garis, bentuk, volume, tekstur, warna, dan format.

Cara belajar terbaik untuk belajar desain adalah berfikir seperti desainer. Anda perlu bertanya dan mencoba (bereksperimen). Mengapa desainer menata halaman seperti itu? Mengapa desainer memilih warna itu? Mengepa desainer membuat format seperti itu? Bagaimana desain itu dibuat sehingga menarik perhatian?

Belajar secara terus menerus dan bertanya “mengapa” dan “bagaimana” tentang desain yang anda lihat adalah sama pentingnya dengan belajar dengan proses kreatif, belajar sambil kerja. Selamat berkarya.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *